Kepala Desa Panggungkalak dan segenap perangkat memasang tempat cuci tangan atau wastafel di balai desa(23 Maret 2020), agar warga atau perangkat desa selalu menjaga kebersihan dengan salah satu contoh cuci tangan. Pemasangan tempat cuci tangan ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19).

Salah satu upaya pencegahan dasar virus corona atau Covid-19 adalah dengan rajin mencuci tangan secara detail dan menyeluruh. Hal ini karena virus corona menular lewat cairan tubuh yang keluar saat batuk atau bersin. Anda juga bisa tertular virus corona lewat tangan sebagai media penularan.

Sebagai contoh adalah ketika Anda berjabat tangan dengan orang menutupi batuk dengan tangannya, atau ketika Anda menyentuh obyek yang terpapar virus corona. Itulah sebabnya sangat penting untuk mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir secara menyeluruh. Para ahli merekomendasikan cuci tangan untuk dilakukan setidaknya 30 detik. Sebab, sabun butuh waktu untuk mengangkat kuman-kuman pada tangan untuk dibuang bersama air yang mengalir.

Oleh karena itu, kita harus lebih berhati-hati dan melakukan pencegahan terhadap tersebarnya virus corona. Penting bagi kita untuk mengantisipasi dan mencegah penularan virus corona ini dengan mengetahui ciri dan gejalanya. Dilansir kemenkes.go.id, ada 5 ciri orang yang terjangkit virus corona:

  •  Demam
  • Batuk, Pilek
  • Gangguan Pernapasan/Sulit Bernapas
  • Sakit Tenggorokan
  • Letih, Lesu

Gejala virus corona ini hampir mirip dengan flu biasa atau influenza. Kesamaan gejala antara infeksi virus corona dengan flu biasa atau influenza karena keduanya menyerang saluran pernapasan manusia. Jadi yang membedakan virus corona dengan flu biasa dan influenza, virus corona menyebabkan pernapasan menjadi cepat dan tak normal. Selain itu, anggota tubuh orang yang terserang virus corona menjadi lemas. Pengobatan virus corona jelas tidak bisa disamakan dengan influenza dan flu biasa. Virus corona dianggap lebih membutuhkan penanganan khusus, karena dapat mengakibatkan kematian.

 

 

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?