Corona adalah jenis baru dari virus yang menular ke manusia. Virus ini bisa menyerang siapa saja, baik bayi, anak-anak, orang dewasa, lansia, ibu hamil, maupun ibu menyusui. Infeksi virus ini disebut COVID-19 dan pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019.

Virus ini menular dengan cepat dan telah menyebar ke wilayah lain di Cina dan ke beberapa negara, termasuk Indonesia. Coronavirus adalah virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti infeksi paru-paru sampai meninggal dunia.

Dengan adanya virus tersebut Pemerintah Desa Panggungkalak Bersama BABINSA, BABINKAMTIPMAS dan Karang Taruna”Bhina Abhinaya Muda” Melakukan Penyemprotan Disinfektan Gerakan Cegah dan Lawan COVID-19.

Pada hari jumat (27-03-2020) di Desa Panggungkalak mengdakan penyemprotan disinfektan di tempat-tempat umum seperti

  • Di Sekolah Dasar
  • Di Masjid
  • Di Polindes
  • Di Balai Desa
  • Di TK dan PAUD
  • Dan di tempat yang sering ada kerumunan para remaja desa

    

Bapak Surani Al Djiman selaku Kepala Desa Panggungkalak menghimbau kepada seluruh masyarakan agar tidak cemas atau risau tetapi selalu waspada dengan kabar berita virus corona ini, dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar rumah, mulai dari bercuci tangan, hidup sehat dan berfikir positif untuk tahap awal pencegahan COVID-19. Sumber dana untuk melakukan kegiatan ini diambil dari Dana Desa(DD). Kepala Desa juga membagi 4 kelompok yang di tugaskan di 3 dusun dan di balai desa unuk menyemprotan disinfektan secara menyeluruh dan merata.

Sebelum di mulai penyempr0tan disinfektan ini Bapak Surani Al Djiman memimpin do’a bersama dengan harapan melaksanakan kegatan ini dapat mencegah penyebaran virus corona.

  

Pada pagi itu membuat disinfektan sendiri di balai desa dengan cairan pemutih pakaian atau bayclin. Bayclin yang sering digunakan sebagai bahan bleaching/pemutih, mengandung sodium hypochlorite (natrium hipoklorit).

Jadi untuk mendapat konsentrasi yang sesuai, perlu pengenceran. Cairan disinfektan tersebut bukan untuk cuci tangan, atau semprot bagian tubuh manusia. Tidak disarankan juga untuk diaplikasikan pada pakaian. Cairan disinfektan hanya digunakan untuk area permukaan yang sering disentuh banyak orang, tidak untuk seluruh ruangan.

Untuk pembuatan disinfektan sangat sederhana dan mudah, dengan perbandingan 1 liter bayclin dan 9 liter air. Bayclin dan air tesebut di campur dan di semprotkan di tepat-tempat umum.

Pemdes Panggungkalak mengucapkan banyak terimakasih kepada pihak pihak yang mendukung dan membantu berlangsungnya kegiatan ini dengan sangat lancar.

Mari bersama kita melawan COVID-19 dengan tetap di rumah bekerja di rumah dan beraktifitas di rumah. Jaga keluarga untuk lebih waspada dan jaga juga kebersihan.

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?